Tips Membeli Tiket Pesawat Online Tanpa Kena Tipu

Membeli tiket pesawat secara online menjadi pilihan bagi wisatawan atau karyawan yang akan melakukan business trip ke luar kota atau negara lain. Beberapa kelebihan dari cara ini adalah kita tidak perlu antre di bandara dan menghemat waktu.

Bermodalkan koneksi internet yang cepat, kita dapat melakukan transaksi melalui situs resmi maskapai pilihan atau travel agent yang menyediakan tiket secara online.

Kendati prosesnya menjadi jauh lebih mudah, ada baiknya jika kita juga berhati-hati. Banyak orang yang sudah menjadi korban penipuan dari pihak yang mengaku sebagai penjual tiket online di ranah dunia maya.

Oknum ini pun kerap mengaku sebagai agen penyedia tiket pesawat resmi untuk meyakinkan target. Para penipu juga tak segan membuat situs ‘kembaran’ dengan menyatut nama, logo, foto, hingga informasi yang tercantum di situs asli.

Kalau kita sampai luput memperhatikan detail kecil, tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi korban selanjutnya.

Lantas, bagaimana cara menghindari pembelian tiket pesawat online dari para penipu? Mari simak tipsnya di bawah ini.

1. Beli Tiket Langsung dari Online Travel Agent Terpercaya

Travel agent yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi biasanya menampilkan harga tiket serta jadwal penerbangan dari berbagai maskapai penerbangan.

Jika Anda belum merasa yakin, cari ulasan para pengguna (testimonial) yang telah melakukan transaksi melalui travel agent tersebut. Sementara itu, travel agent abal-abal tidak menyediakan daftar harga lengkap dan cenderung menawarkan sebagian maskapai penerbangan saja dengan agak memaksa.

2. Jangan Tergoda Promo Tiket Lewat SMS atau Telepon

Salah satu modus yang sering dilakukan oleh para penipu adalah mengiming-imingi target melalui pesan singkat (SMS) atau telepon.

Pihak maskapai penerbangan atau travel agent resmi biasanya akan mengumumkan promo melalui situs resmi, newsletter, atau media sosial resmi mereka.

Kalau Anda tiba-tiba mendapat pesan atau dihubungi lewat telepon dari pihak yang tidak dikenal, segera tolak atau abaikan pesan tersebut meski mereka terdengar formal dan meyakinkan di telinga Anda.

3. Keleluasaan Bagi Calon Pembeli

Online travel agent resmi dan asli tidak akan mengekang keinginan calon pembeli dalam memilih maskapai penerbangan dan tiket. Mereka juga menampilkan data penerbangan yang sangat detil.

Sebab, online travel agent memiliki akses terintegrasi dengan pihak maskapai penerbangan.

Berbanding terbalik dengan travel agent gadungan yang hanya menerima proses pembelian melalui pesan singkat atau telepon atas nama pribadi.

4. Hubungi Travel Agent Melalui Nomor atau Alamat e-mail Resmi

Untuk membeli tiket pesawat lewat travel agent melalui telepon, pastikan Anda mengontak nomor atau alamat e-mail yang tercantum di situs resmi mereka.

Berbeda dengan travel agent gadungan yang sering mencantumkan nama pribadi beserta kontak yang biasanya kerap diganti oleh mereka.

Mereka juga tidak ragu melakukan paksaan saat Anda menolak atau menelepon berkali-kali untuk memastikan Anda mau membeli tiket palsu.

5. Harga Tiket Sangat Murah

Anda patut curiga pada travel agent yang menawarkan harga yang sangat murah, apalagi jika mereka sedang tidak mengadakan promo. Misalnya bisa sampai setengah atau lebih dari harga tiket asli.

Sementara di travel agent asli, haga tiket biasanya sama dengan maskapai dan kalau ada promo, potongan harganya tidak terlalu besar. Dari cara ini, Anda sudah tahu mana pihak penyedia tiket pesawat online asli.

Share Now:
FacebookTwitterLinkedInGoogle+Google GmailWhatsAppPrint

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *